Senin, 19 November 2012

Pengertian Data dan Informasi (menurut para ahli)


Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambarm suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun symbol – symbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subjek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Dokumen adalah suat – surat tertulis atau tercetak yang dapat digunakan sebagai bukti keterangan seperti akte kelahiran, surat nikah, surat perjanjian dan lain – lain.

v  Pengertian Data menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu :
Data /da·ta/ n 1 keterangan yg benar dan nyata: pengumpulan -- untuk memperoleh keterangan tt kehidupan petani; 2keterangan atau bahan nyata yg dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan);
ü  Pengertian Data menurut para ahli
1.                  Robert N. antony dan John Dearden
Data adalah bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data – item
2.                  Jogyanto (Analisis dan Desain Sistem Informasi;8)
Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata.

v  Pengertian Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu :
Informasi /in·for·ma·si/ n 1 penerangan; 2 pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu; 3 Ling keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dl bagian-bagian amanat itu;

ü  Pengertian Informasi menurut para ahli
1.         George R. Terry Ph. D
            Informasi adalah data yang penting memberikan pengetahuan yang berguna.
2.         Gordon B. Davis
     Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata dapat dirasakan dalam keputusan – keputusan yang sekarang atau keputusan – keputusan yang akan datang.
3.         Joner Hasugian
  Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah yang besar, meliputi banyaj hal dalam ruang lingkupnya masing – masing dan terekam pada sejumlah media.
4.         Kenneth C. Laudon
            Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
5.         Anton M. Moeliono
   Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.
6.         Robert G. Murdick
Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan
7.         Kusrini
Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang beratrti bagi pengguna yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat unu atau mendukung sumber informasi.
8.         MC Leond
Informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.
9.         Firmanzah
Informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai 

"Semoga bermanfaat, maaf jika masih banyak kekurangan. Masih belajar ehehe :)"

3 komentar:

Unknown mengatakan...

saya copas yah hehe ^_^

Unknown mengatakan...

izin copy yaa..
makasih^^

KAMAL mengatakan...

good information saya copy yaaa. thanks

Posting Komentar